Jerman Cegat Tiga Pesawat Rusia di Atas Laut Baltik

Rabu, 26 April 2023 - 20:11 WIB
loading...
Jerman Cegat Tiga Pesawat Rusia di Atas Laut Baltik
Jerman cegat tiga pesawat militer Rusia di Laut Baltik. Foto/Ilustrasi
A A A
BERLIN - Tigapesawat militer Rusia yang terbang tanpa sinyal transponder telah dicegat di wilayah udara internasional di atas Laut Baltik . Hal itu diungkapkan Angkatan Udara Jerman, Rabu (26/4/2023).

"Jerman dan Inggris mengirim jet Eurofighter untuk mengidentifikasi dua pesawat tempur Sukhoi Su-27 dan satu pesawat Ilyushin Il-20," kata angkatan udara Jerman di Twitter seperti dikutip dari Reuters.

Angkatan Udara Jerman juga memposting beberapa gambar pesawat Rusia di tengah penerbangan.



Pesawat militer Rusia secara teratur terbang dari daratan Rusia ke Kaliningrad dan sebaliknya, yang berarti pertemuan semacam itu cukup rutin terjadi di wilayah tersebut.

Beberapa pesawat tempur NATO dari Inggris dan Jerman mencegat tiga jet tempur dan sebuah pesawat mata-mata Rusia yang terbang di atas Laut Baltik di dekat wilayah aliansi Barat.

Angkatan Udara Kerajaan (RAF) Inggris dan Angkatan Udara Jerman mengerahkan beberapa Eurofighter Typhoon setelah tiga jet tempur Su-27 Flanker dan pesawat mata-mata IL-20 Coot-A Moskow terbang di atas Teluk Finlandia dan Laut Baltik pada 17 April lalu.



Pada bulan Maret, jet tempur Inggris dan Jerman dua kali mencegat pesawat Rusia di dekat wilayah udara Estonia.

Keamanan di negara-negara Baltik di Latvia, Lituania, dan Estonia, yang semuanya berbatasan dengan Rusia, semakin diawasi sejak Februari 2022, ketika Rusia melancarkan perang terhadap tetangganya; Ukraina.

Jerman menyerahkan tanggung jawab untuk misi kepolisian udara wilayah Baltik NATO ke Inggris awal bulan ini. Sekutu NATO turun tangan untuk melindungi ruang udara di sana karena Lituania, Latvia, dan Estonia tidak memiliki jettempursendiri.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1435 seconds (0.1#10.140)